> Dome Van Java: Keindahan Kubah Masjid Pada Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri

Selasa, 06 Oktober 2015

Keindahan Kubah Masjid Pada Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri

Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri
Keunikan Masjid Kubah Emas Masjid Dian Al Mahri yaitu terdapat lima buah kubah, 1 kubah utama dan 4 buah kubah anakan. Keunikannya dari masjid tersebut yaitu terletak pada bangunan kubah masjidnya, dimana kelima buah kubah tersebut pada seluruh bagiannya dilapisi dengan lapisan emas dengan ketebalan antara 2 sampai dengan 3 milimeter dan mozaik kristal. Model dari kubah utama tersebut mirip dengan bentuk bangunan kubah Taj Mahal di India. Dan ukuran dari kubah utama yaitu diameter lingkaran bawah kubah 16 meter, dan mempunyai diameter tengah 20 meter, sedangkan tinggi ukuran kubah tersebut sekitar 25 meter. Untuk ukuran dari 4 buah kubah anakan yaitu diameter bawah kubah sekitar 6 meter, bagian tengahnya 7 meter, dan ketinggian kubah 8 meter. Selain mempunyai keunikan pada bangunan kubah masjidnya, di dalam bangunan Masjid Kubah Emas, juga memiliki lampu hias yang tergantung ditengah tengah bangunan masjid, dimana lampu hias tersebut dipesan langsung dari Italia dan mempunyai berat total sekitar 8 ton.

Selain itu juga, terdapat Motif Ornament Masjid yang terletak persis diatas tempat imam jama’ah sholat yang terbuat dari bahan lapisan emas 18 karat. Dan juga dengan pagar yang terdapat di lantai dua dan Motif Ornament Kaligrafi Masjid di bagian plafon masjid. Begitu juga dengan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah, juga terbuat dari bahan material berlapis "Prado" atau material yang terbuat dari bahan sisa sisa emas.

Secara keseluruhan, bangunan Arsitektur Masjid Kubah Emas mengikuti model dan bentuk pada bangunan masjid masjid yang terdapat di wilayah Timur Tengah yang memiliki ciri khas pada bangunan kubah masjidnya, menara masjid, didalam ruangan masjid, dan penggunaan relief atau motif ornament dengan unsur elemen geometris dan obelisk, untuk menunjukkan identitas keislaman bagi para arsitekturnya. Ciri khas lainnya yaitu terletak pada pintu gapura masuk yang berupa portal dan ornament geometris serta obelisk sebagai motifnya.

Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri mampu menampung sejumlah jama’ah sekitar 8.000 jama’ah. Enam buah menara yang terdapat pada bangunan masjid mempunyai bentuk segi enam atau heksagonal, dimana angka 6 melambangkan dari Rukun Iman, dengan ketinggian sekitar 40 meter. Keenam buah minaret masjid tersebut dilapisi dengan batu granit dengan warna abu-abu yang didatangkan langsung dari Italia dengan bentuk motif melingkar. Sedangkan diujung menara juga terdapat kubah yang dilapisi dengan hiasan mozaik emas 24 karat. Bentuk bangunan kubahnya bisa dibilang mengadopsi dari bentuk bangunan kubah yang rata rata diaplikasikan pada bangunan masjid di Persia dan India. Dan dari lima buah kubah tersebut juga melambangkan Rukun Islam, yang secara keseluruhan dibungkus dengan mozaik yang dilapisi dengan emas 24 karat, dan  dimana bahan bahan tersebut dipesan langsung dari Italia.


Sedangkan untuk bagian Interior Masjid, Masjid Dian Al Mahri menyuguhkan sebuah pilar-pilar masjid yang kokoh menjulang tinggi agar supaya mendapatkan ruangan yang cukup luas. Didalam ruangan dalam masjid banyak didominasi dengan warna monokrom yang berkalborasi dengan warna utamanya yaitu warna krem untuk menciptakan nuansa ruangan yang tenang dan khusuk. Lantai masjid terbuat dari bahan marmer yang juga didatangkan langsung dari Turki dan Italia.

Best regards,
domevanjava.com
Kontraktor Kubah Masjid Enamel, Galvalum, dan GRC.
Hotline Service :
0852 3166 9603
Mail :candrameda@gmail.com

1 komentar:

  1. Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

    BalasHapus